Kamis, 24 September 2009

Agar Otak Kita Selalu Sehat dan Bekerja Optimal :

1. Makan makanan yang banyak mengandung omega 3 (banyak ditemukan pada ikan, ayam yang diberi makan secara khusus), buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung antioksidan, vitamin B dan Fiber.

2. Selalu
siap untuk belajar hal-hal baru. Bahasa, skill, tarian, atau apapun yang baru. Biarkan pikiran Anda tetap aktif. Jauhi TV sebisa mungkin, ganti dengan komputer. Ambil kelas khusus dan banyak membaca. Otak butuh rangsangan ini untuk menjaga tingkat keaktifannya.

3. Banyak berolahraga. Olahraga se
cara teratur memperlancar sirkulasi, koordinasi dan mengurangi resiko amnesia.

4. Teta
p bersosialisasi. Jangan mengurung diri, tetap bergaul dan bekerja sama dengan orang lain. Sering-Sering mengunjungi tempa-tempat baru. Biarkan mata kita melihat pemandangan baru, telinga kita mendengar suara-suara baru dan lidah kita mengecap rasa-rasa yang baru.

5. Tidu
r yang cukup. Otak yang sehat membutuhkan istirahat yang cukup. Kalau kita kekurangan tidur, otak akan menderita.

6. Mengatur stress. Stress yang kecil mungkin bisa menyehatkan kita, tapi stress yang berat dan berlarut-larut akan menyebabkan otak menjadi tidak sehat. Ada banyak cara untuk membantu kita mengatasi stress, misalnya : Senam / Yoga, melakukan hobi kita, pergi wisata, pijat refleksi, dan lain-lain kegiatan yang menyenangkan.

7. Keamanan. Lindungi kepala kita, jangan remehkan luka pada kepala kita, karena mungkin bisa menyebabkan amnesia.

8. Perhatikan kesehatan kita secara keseluruhan. Jaga berat badan, kendalikan tekanan darah, dan jaga diri dari penyakit diabetes.

9. Hindari kebiasaan yang tidak sehat. Berhenti merokok, minum minuman keras maupun kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

10. Sifat genetik. Kalau ada sejarah pengalaman amnesia pada keluarga kita, kita bisa melakukan tindakan penanggulangan sebelum terlambat. 9 Poin di atas adalah langkah awal yang baik, dan konsultasikan dengan dokter untuk menjaga kesehatan otak kita.

Baca Juga :

* Jenis - Jenis Anjing dan Cara Melatih nya.

* Hidup Sehat Alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar